KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Saturday 18 July 2020

FGD Informan Daring Riset Indeks Kualitas Program Siaran TV Tahun 2020




Koorbid. Kelembagaan KPID Kalbar, M.Y.I. Deddy Malik, ST mengikuti dan menghadiri FGD Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2020, yang merupakan Program Prioritas Nasional KPI Pusat bersama Bappenas, bekerjasama dengan 12 Perguruan Tinggi, untuk di Kalbar sendiri bekerjasama dengan UNTAN. FGD ini merupakan salah satu dari rangkaian proses Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2020 yang sudah dimulai dengan Workshop Area Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi pada senin 08 Juni 2020 yang lalu. Kegiatan FGD dibuka oleh Komisioner KPI Pusat Ihu Nuning Rodiyah. 

Deddy Malik mengatakan FGD ini merupakan proses evaluasi terhadap program siaran TV yang masuk dalam kajian riset KPI tahun 2020, menentukan seperti apa kualitas siaran TV, sekaligus hasil risetnya berfungsi mendorong Lembaga Penyiaran (LP) untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas program siaran. Selain sebagai bahan rekomendasi bagi Lembaga Penyiaran dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas program siaran, hasil dari riset ini juga dapat menjadi Panduan masyarakat dalam memilih siaran sehat dan berkualitas. 

FGD ini, melibatkan informan ahli dari kalangan akademisi dan Evaluasi dilakukan terhadap 477 sampel program siaran di 15 stasiun TV dan dibagi menjadi 9 (sembilan) kategori yakni berita, talkshow berita, infotainmen, variety show, sinetron, wisata budaya, anak, religi dan talkshow non berita, dengan sampel tayangan bersumber dari 15 stasiun televisi berjaringan dalam periode 3 bulan (Januari sd Maret 2020). 

#FGDrise index 
#virtualmeeting 
#kpipusat 
#kpidprovkalbar

0 Comments:

Post a Comment