KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Wednesday 15 March 2023

Sertifikasi Broadcast Jadi Bekal Siswa di Dunia Industri

 


Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Barat berkesempatan menjadi penguji dan peninjau kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi LSP-BNSP bidang broadcasting. Uji Kompetensi diselenggarakan di TUK PSPT Broadcast SMKN 2 Pontianak. Kegiatan ini dalam rangka Uji Sertfikasi skema KKNI II Produksi dan Siaran Program Televisi (Broadcasting). Dibuka pada senin 13 Maret 2023 Uji Kompetensi akan berlangsung dalam beberapa tahapan sampai dengan 16 maret 2023.

KPID Kalimantan Barat berkesempatan hadir sebagai observer atau peninjau yang diwakili oleh Komisioner Koordinator Bidang Pengelolaan Sistem Penyiaran, A. Panca Esti Widodo, S.Sn. Dalam pembukaan kegiatan turut hadir pula Ketua KPID Kalimantan Barat, M.Y.I Deddy Malik, S.T. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi P-1 SMKN 4 Pontianak, Meiti Rosilawati, ST, MT. Hadir pula Ketua Jurusan PSPT Broadcasting SMKN 2 Pontianak Kurniawan Widodo, S.Hut., dan Ketua TUK Uji Kompetensi SMKN 2 sekaligus Assesor, Syafrudin, ST. Uji Sertifikasi Kompetensi turut menghadirkan dunia industri sebagai jaringan SMKN 2 Pontianak yaitu lembaga penyiaran komunitas Perkumpulan SMK TV atau ED Tv Pontianak, diwakili langsung oleh Kepala Lembaga Syahri, ST., MT. Uji Sertifikasi kompetensi akan dinilai oleh tim yang terdiri Assesor LSP bersama dunia industri dan stakeholder terkait mengacu pada standar nasional BNSP.

LSP SMKN 4 sendiri telah memiliki lisensi nasional di BNSP-LSP-985-ID, yang dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi berbagai bidang kerja untuk siswa SMK Negeri 4 Pontianak dan SMK Jejaring, seperti jurusan PSPT Broacasting di SMKN 2 Pontianak. Dengan adanya uji kompetensi yang bersertifikasi nasional melalui BNSP, diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas lulusan SMK siap diserap dunia kerja.

Jurusan PSPT Broadcast SMKN 2 Pontianak berdiri sejak 2009 dan telah melakukan uji sertifikasi kompetensi mulai tahun 2020, meluluskan empat angkatan yang memiliki sertifikasi BNSP sebagai broadcaster. Pada perkembangannya jurusan PSPT Broadcast SMKN 2 Pontianak juga turut membidani terbentuknya perkumpulan SMK TV, yang dikenal dengan ED TV. Fokus pada pendidikan dan wadah bagi broadcaster muda daerah untuk menimba pengalaman ikut meramaikan penyiaran di Kalimantan Barat. Kebutuhan penyiaran pndidikan menjadi penting terutama saat pandemi yang lalu, SMK TV tetap mampu menyajikan program siaran guru mengajar yang menjadi alternatif media pembelajaran siswa. Saat ini SMK TV juga sedang proses migrasi siaran digital sehingga dapat tetap mengudara di frekuensi digital.

Dalam keterangan saat pembukaan, Ketua KPID Kalimantan Barat, M.Y.I Deddy Malik memberikan apresiasi terselengaranya Uji Kompetensi ini. Dengan standar nasional turut menentukan kualitas sumber daya manusia sekaligus meningkatkan kualitas program siaran televisi. KPI sebagai regulator penyiaran berharap lulusan yang bersertifikat akan memudahkan bagi siswa nanti masuk dunia penyiaran yang membutuhkan kreativitas tinggi. (Red ca)

0 Comments:

Post a Comment