KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Monday 8 May 2023

SMK TV Menjadi Media Televisi Pendidikan Yang Profesional.

Sebagai salah satu Media Televisi di daerah Kalimantn Barat, ED TV yang menjadi televisi berbasis pendidikan sangat erat terkait dengan sekolah. Dilihat dari sejarahnya, ED TV lahir dari jurusan Broadcasting SMK N 02 Pontianak. Dalam kegiatan peringatan hari pendidikan nasional tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Barat ED TV hadir sebagai wujud kreativitas siswa SMK. Khususnya SMK N 02 jurusan Broadcasting. Kegiatan yang menampilkan berbagi kreativitas siswa diikuti oleh expo SMK.

Dalam kesempatan ini, Komisioner KPID Kalimantan Barat Bidang Pengelolaan Sistem Siaran, A. Panca Esti W. S,Sn berkunjung di stand Expo sekaligus studio mini dan berbincang dengan salah satu pengajar sekaligus aktivis penggerak ED TV, Syafrudin, S.T beserta jajarannya. 

Sebagai media, ED TV atau yang sering juga dikenal dengn SMK TV mengembangkan diri sebagai lembaga penyiaran komunitas. Tidak hanya tempat belajar, saat ini SMK TV menjadi media informatif bagi pemerintah daerah Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat. Sosialisasi kerja pemerintah kota Pontianak di bidang kebudayaan menjadi salah satu program reguler SMK TV.

Syafrudin mengungkapkan saat ini ED TV telah mampu bersiaran digital melalui kanal digital di daerah. Sejalan dengan tujuan berdirinya SMK TV, didirikan di jurusan broadcasting SMKN 02.  Menggunakan call sign ED TV, edukasi televisi, SMK TV dimaksudkan menjadi wadah informasi bagi semua kalangan pendidikan terutama diProvinsi Kalimantan Barat. Untuk itu ED TV membuka diri bagi berbagai kalangan untuk bergabung dalam komunitas mengembangkan diri di dunia pendidikan televisi.

"Kita berharap keterlibatan banyak pihak termasuk pemerintah daerah yang selama sudah terjalin dapat meningkatkan sehingga manfaat SMK TV tidak hanya untuk Kota Pontianak, tetapi bisa merambah Kalimantan Barat." Ujar syafrudin.

Lebih lanjut komisioner KPID korbid PS2P, Panca Esti memberikan apresiasi keberadaan SMK TV yang dikelola mandiri oleh guru sekolah serta pihak  yang peduli dunia pendidikan. diperlukan pula kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan SDM pengelola serta penataan manajemen operasional yang lebih baik, sehingga dapat terus bersiaran secara konsisten di Kalimantan Barat.

Kegiatan peringatan Hardiknas sendiri diikuti tidak kurang dari 32 peserta terdiri dari SMK, SMA serta perwakilan kedutaan Malaysia di Jakarta dan Bank Indonesia ikut serta. Ajang expo kreativitas siswa menampilkan unjuk kerja dan produk kreativitas siswa seperti daur ulang limbah plastik, desain produk kriya keramik, Agribisnis Tanaman pangan dan perkebunan, serta kreativitas lainnya. Puncaknya pada 2 mei 2023 Hari Pendidikan Nasional diperingati bertepatan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. (Ca-red)

0 Comments:

Post a Comment