KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Monday 14 November 2022

Rakornas KPI 2022: Mengukuhkan Optimisme Bangsa Melalui Penyiaran


Komisi Penyiaran Indonesia mengadakan kegiatan rapat koordinasi nasional tahun 2022. Rakornas kali ini diselenggarakan di Provinsi Banten dan diikuti seluruh Komisioner KPI Pusat dan KPID se Indonesia. Program tahunan ini dijadwalkan pada 6 sampai 9 november 2022.

Dibuka oleh Menteri Komunikasi dan informatika, Jhony G. Plate. Dalam sambutannya menyampaikan harapan melalui KPI pusat dan KPI daerah dapat memberikan jaminan masyarakat memperoleh hak-hak layanan informasi melalui siaran yang sehat, mencerdaskan dan bermanfaat. Ia menambahkan, melalui migrasi Digital Televisi yang dimulai 2 november lalu, semakin terbukanya kanal dan beragamnya konten yang didapat melalui televisi digital. Saat ini migrasi digital dimulai dari wilayah jabodetabek.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPI Pusat Agung Supriyo menegaskan target capaian rakornas kali ini dapat menghasilkan rekomendasi dan catatan penting penerapan kebijakan seiring dengan tantangan digitalisasi yang merata.

Komisioner KPID Kalbar Menghadiri Rakornas KPI 2022

KPID Kalimantan Barat turut hadir dalam Rakornas KPI. Tujuh Komisioner ambil bagian serta membawa aspirasi insan penyiaran dalam rakornas kali ini. Beberapa isu daerah tentang penyiaran, seputar revisi Undang-undang 32 tahun 2002 tentang penyiaran menjadi fokus. Ditambah perkembangan ASO televisi digital menjadi bahasan persoalan daerah yang dibicarakan.

Dalam kesempatan sidang penyampaian pandangan umum, ketua KPID Kalbar, M.Y.I Deddy Malik menyampaikan pencapaian program kerja KPID Kalbar. Pentingnya sekretariat pada lembaga KPI Daerah menjadi penting untuk menunjang kinerja KPID. KPID Kalbar juga berharap KPI Pusat serta KPID yang lain memberikan  dukungan keinginan adanya perda penyiaran di Kalbar.

Acara Pembukaan Rakornas KPI 2022
Rakornas tahun ini adalah rakornas terakhir bagi KPI pusat periode 2019-2022. Dengan tema "Mengukuhkan Optimisme Bangsa Melalui Penyiaran" sejalan dengan  kebangkitan fondasi sosial ekonomi Indonesia di tengah krisi global saat ini. Bahkan Indonesia mampu bertahan lebih kuat dibanding negara-negara maju sekalipun. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat agar tetap optimis melihat tahun yang akan datang.(pc)


0 Comments:

Post a Comment