KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Sunday 20 November 2022

Sejarah Tayangan Sepak Bola di Televisi


Eforia sepak bola kembali menggema seiring perhelatan olah raga terpopuler sejagad berlangsung, piala dunia 2022 di Qatar. Tidak sekedar olahraga, permainan sebelas orang dalam satu tim ini telah menjadi magnet bagi dunia hiburan dan bisnis. Televisi sebagai media yang populer turut menjadi bagian erat event piala dunia. Televisi menjadi media yang tumbuh besar seiring berkembangnya olah raga sepak bola. 

Dijadwalkan, Piala Dunia 2022 akan tersaji mulai 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar. Pada event akbar ini terdapat 32 tim yang berlaga di gelaran termegah  sepakbola dunia itu. Dalam sejarahnya, ada beberapa negara yang menjadi langganan juara. Brasil menjadi negara terbanyak mengoleksi gelar. Tim berjuluk "Tim Samba" menjadi juara Piala Dunia pada 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002. Berikutnya Italia dan jerman pernah empat kali menjadi kampiun piala dunia. Argentina, Uruguay dan perancus pernah dua kali merasakan juara dunia pada event piala dunia. Sedangkan Inggris dan spanyol mampu menjadi juara masing-masing satu kali.

Menariknya pada gelaran piala dunia 2022 di Qatar kali ini ada beberapa tim yang dianggap memiliki pengalaman paling sedikit pada event ini. Senegal, Kanada, Wales dan Qatar yang belum pernah lolos kualifikasi piala dunia, kecuali kali ini otomatis sebagai tuan rumah.

Ilustrasi anak-anak bermain bola.

Piala dunia Qatar adalah piala dunia ke-22 sejak berlangsung dari 1930. Merupakan piala dunia ke-18 yang hadir langsung di televisi. Piala dunia pertama kali ditayangkan langsung di televisi pada tahun 1954. Sejak itu tayangan piala dunia menjadi moment spesial pecinta sepak bola dan masyarakat.

Sejarah tayangan sepak bola di televisi dimulai pada tahun 1936. Stasiun BBC kala itu menayangkan siaran sepak bola untuk pertama kali lewat televisi. Pertandingan yang kala itu disiarkan adalah antara Arsenal melawan Everton di stadion Highbury, London dalam laga pembuka First Division Championship musim 1936/1937. Uji coba itu sukses meskipun hanya bisa disaksikan di rumah-rumah yang dekat dengan stadion. Situs The Everton Collection mencatat laga berakhir 3-2 untuk kemenangan Arsenal. Legenda Everton, Dixie Dean mencetak gol pertamanya dalam pertandingan tersebut.

Selanjutnya pertandingan resmi pertama kali hadir langsung di televisi adalah klub Huddersfield Town melawan tim Preston North End pada ajang final piala FA. Tahun berikutnya pertandingan antar negara pertama kali tayang langsung di televisi adalah skotlandia versus inggris.

Berikutnya sepak bola mulai diminati oleh penonton di televisi. David Goldblatt dalam bukunya, The Ball Is Round, menulis "Dalam seluruh sejarah republik tersebut, sebelumnya tidak pernah (ada) momen kebersamaan dengan jumlah sebanyak itu,"  Tercatat 15 juta orang menyaksikan final Piala Dunia 1966 antara Inggris melawan Jerman Barat. Pada Final Piala Dunia 1970, sebanyak 17 juta warga Italia menyaksikan tim nasionalnya luluh lantak oleh sebab kedigdayaan Pele dan kawan-kawan.

Moment piala dunia Qatar 2022 kali ini menjadi sedikit berbeda bagi televisi Indonesia. Berlangsung pada 20 November, 18 hari sejak Indonesia secara resmi melakukan migrasi digital televisi. Meskipun siaran digital belum merata seluruh wilayah, dan masih menyisakan berbagai persoalan. Pecinta sepak bola tanah air kali ini dimanjakan tayangan televisi yang lebih jernih pada piala dunia 2022. (pc)

(dikutip dari berbagai sumber)

0 Comments:

Post a Comment