KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Tuesday 3 October 2023

Komisioner KPID Kalbar kunjungi Radio LPPL Rapela Landak

Komisioner Komisi Penyiaran Daerah Kalimantan Barat, KPID Kalbar Bidang PS2P atau PKSP melakukan kunjungan ke LPPL radio pemerintah Landak, Rapela, Jumat, 29 september 2023. Kunjungan ini merupakan salah satu program kerja KPID Kalimantan Barat untuk mengetahui serta memahami persoalan-persoalan bidang penyiaran di wilayah Kalimantan Barat. Luas geografis wilayah Kalimantan Barat yang luas memberikan tantangan tersendiri bagi dunia penyiaran daerah bagi lembaga penyiaran maupun KPID selaku pemantau siaran.

Komisioner KPID di Studio Radio Rapela

Radio Rapela mengudara di frekuensi 105,5 Mhz. Rapela bersiaran di wilayah Kabupaten Landak yang memiliki luas wilayah 9.909,10 km2, berjarak tempuh 185 km dari ibu kota provinsi, Pontianak.

Berbagai program siaran Rapela mengudara setiap hari, pagi hingga malam hari. Siara Rapela berfokus untuk memberikan informasi seputar program pemerintah Kabupaten Lanfdak. Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Landak, Rapela selalu menyajikan informasi berita tentang berbagai peristiwa yang terjadi di kabupaten Landak.

Penyiar Rapela saat siaran bersama Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si di studio Radio. (foto: facebook rapela)

Rapela turut mewarnai frekuensi udara dengan menyajikan hiburan yang tersaji melalui informasi budaya kepada masyarakat kabupaten Landak. Lagu-lagu daerah setempat masih menjadi hiburan favorit masyarakat Landak.

Dalam kesempatan kunjungan kali ini Komisioner KPID Kalbar, A. Panca Esti W., S.sn diterima langsung oleh staf Diskominfo Kabupaten Landak, pengelola Radio Rapela dan penyiar muda berbakat rapela. Saat ini  Rapela mempunyai lima penyiar yang selalu hadir di ruang udara pendengar setianya.

Berbagai hal turut mewarnai diskusi dalamkesempatan kunjungan kali ini. Salah satu yang masih menjadi persoalan radio Rapela adalah minimnya biaya operasional yang dianggarkan. Sehingga masih terdapat keterbatasan dalam pengadaan dan pemeliharaan peralatan dan infrastuktur penyiaran. Kendala minimnya SDM juga masih menjadi hambatan saat ini.

Klik untuk download Aplikasi Rapela di Google Play


Meski masih mengalami berbagai kendala, Rapela terus melakukan berbagai inovasi. Salah satunya aktif melakukan siaran di media sosial serta menggunakan kanal streaming di aplikasi populer google play bagi pengguna smartphone.

Walaupun demikian, Rapela, sebagai satu-satunya media penyiaran radio di Kabupaten Landak tetap berkomitmen terus bersiaran bagi masyarakat Landak. Hal tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Landak yaitu Mandiri, Maju dan Sejahtera.

0 Comments:

Post a Comment