KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Thursday 13 October 2022

Digital: tantangan dan jawaban bagi radio Diah Rosanti


Dalam era digital internet saat ini, menciptakan berbagai perubahan yang sangat besar. Ditambah dengan wabah pandemi, lompatan penggunaan teknologi internet menjadi semakin terasa. Fenomena ini yang kemudian berefek kepada dunia penyiaran di mana-mana. Bagi penyiaran radio, pukulan menjadi semakin telak disebabkan kondisi yang popularitas radio  yang sedang dalam kondisi menurun.

Pada selasa, 11 oktober 2022, komisioner KPID melakukan kunjungan kerja ke Radio Diah Rosanti, Pontianak. Rombongan diterima langsung oleh manager stasiun radio  Diah Rosanti Fransiskus Edy OP. Di kantor sekaligus studio siaran Diah Rosanti.

Pada pertemuan yang berlanjut dengan diskusi hangat ini, Fransiskus Edy banyak menyampaikan berbagai permasalahan yang dialami lembaga penyiaran radio saat ini. Dampak beralihnya pendengar ke teknologi terkini menjadi penyebab paling dominan lesunya radio. Apalagi radio Diah Rosanti saat ini sedang berbenah dari image radio hiburan menjadi radio  berita dan informasi. Perubahan manajemen dan wabah pandemi selama dua tahun terakhir menjadi faktor penghambat pembenahan. Walaupun demikian Edy dan jajarannya masih berkomitmen dengan melakukan berbagai langkah.

"Dalam waktu dekat kami akan mengoptimalkan platform digital internet untuk melakukan streaming siaran, tidak hanya suara, bahkan nantinya akan ada videonya." Ujar Fransiskus Edy.

Diskusi hangat seputar radio
Menanggapi hal tersebut, ketua KPID Kalbar, Deddy Malik memberikan apresiasi terhadap radio Diah Rosanti. Yang pada situas sulit saat ini masih terus bersiaran memberikan informasi bagi masyarakat Pontianak. Menambahkan hal tersebut, komisioner KPID, Korbid PS2P, A. Panca Esti mengatakan, ada tiga hal yang maenjadi faktor penentu keberlangsungan radio saat ini.

"Faktor membangun jaringan, faktor kreativitas program dan yang terakhir faktor loyalitas atau komintmen. Itu menjadi kunci radio bisa bertahan." Ucap Panca.

Salah satu adaptasi terhadap jumlah pendengar yang semakin sedikit, KPID menyarankan untuk tetap konsisten terhadap segmentasi yang tepat. Dengan fokus dengan segmentasi yang menjadi pilihan, akan terbangun pasar pendengar tersendiri yang akan membuat radio punya karakter dan ciri khas. Pada penutupnya KPID berharap Radio Diah Rosanti mampu beradaptasi dengan berbagai perkembanga di dunia penyiaran dan media sehingga menjadi salah satu radio pilihan di Kota Pontianak. (Pc)

0 Comments:

Post a Comment