KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Thursday 27 October 2022

Update Teknologi Industri Penyiaran Bagi Sekolah


Perkembangan teknologi menjadi hal yang sangat menentukan pola hidup masyarakat. Mulai dari kebutuhan pokok yang bersentuhan langsung dengan teknologi sampai dengan gaya hidup dan pendidikan. Dengan perkembangan yang demikian cepat dituntut pemahaman tentang teknologi yang digunakan terbaru. Demikian juga di bidang industri, khususnya industri penyiaran. Perkembangan teknologi komputer membuat penyiaran turut berkembang seiring dengannya.

Salah satu tantangan dalam dunia penyiaran adalah memiliki sumber daya manusia yang tanggap terhadap perubahan teknologi. Sebagai salah satu SMK yang mendidik anak-anak muda agar mampu bersaing di dunia industri, SMK Katolik Santa Maria melakukan berbagai upaya meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan dunia teknologi. SMK Katolik Santa Maria  memiliki tiga program studi, Desain Komunikasi Visual atau Diskomvis, Akutansi lembaga dan jurusan Bisnis Daring dan Pemasarann. Untuk bidang Diskomvis salah satu keahlian yang dipelajari adalah penyiaran.

Untuk meningkatkan SDM SMK Santa Maria mengadakan kegiatan workshop Update Teknologi Terbaru dari Industri Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022, Senin 24 Oktober 2022. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengenal lebih dekat dunia industri khususnya penyiaran dari lembaga terkait. Komisioner KPID Kalimantan Barat, A. Panca Esti W. S.Sn hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Workshop ini diikuti oleh siswa dan pengajar di SMK Katolik Santa Maria.

Dalam paparan bidang teknologi penyiaran, A. Panca Esti menyampaikan berbagai perkembangan teknologi media televisi yang saat ini sudah terpusat pada komputerisasi dan digital. Secara teknis, penyiaran berkembang pada penggunaan perlatan yang semakin kecil, murah dan canggih. Perkembangan smartphone menjadi salah satu yang banyak mengubah pola produksi pada penyiaran. Peralatan yang sekarang sudah semakin mudah didapatkan membuat produksi video sebagai materi siaran sudah dapat dibuat oleh semua masyarakat. Walaupun pada kebutuhan  tertentu masih menuntut peralatan yang berstandar profesional.

Salah satu yang menjadi tantangan adalah memanfaatkan teknologi yang murah sehingga dapat optimal dimanfaatkan untuk siswa. Meskipun perkembangan teknologi sangat cepat, tetapi harus menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak boros anggaran.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Katolik Santa Maria, Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd. Menekankan pemanfaatan teknologi agar tepat guna sesuai yang dibutuhkan sehingga dapat memanfaatkannya sesuai dengan kemampuan, terutama anggaran biaya. Siswa juga dituntut mampu kreatif dalam pembelajaran sehingga nantinya mampu beradaptasi di dunia kerja.

Sebagai penutup SMK Katolik Santa Maria juga berharap dapat bersinergi bekerjasama dengan KPID Kalimantan Barat memberikan pemahaman kepada siswa tentang penyiaran yang sehat melalui sekolah P3SPS. Sehingga siswa tidak hanya mampu secara skill teknologi saja tetapi memiliki karakter yang unggul dan bertanggungjawab. (Pc)

0 Comments:

Post a Comment