KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Thursday 8 September 2022

Pembagian STB menyambut ASO siaran Televisi

Ketua KPID Kalbar turut membagikan secara simbolik STB kepada warga

Analog Switch Off
 atau ASO merupakan salah satu program nasional dalam menata frekuensi Penyiaran di Indonesia agar lebih optimal. Sesuai amanat Undang-Undang nomor 11 tahun 2020, sistem penyiaran Televisi di Indonesia harus melakukan migrasi dari sistem analog ke Digital. Sistem Siaran analog akan di matikan serentak paling lambat pada 2 november 2022. Sistem siaran digital akan mengefisienkan penggunaan bandwith frekuensi yang selama ini dipakai untuk siaran televisi. Dengan sistem digital penggunaan bandwith yang pada siaran analog hanya dapat digunakan satu kanal televisi, kini dengan teknologi multiflexing, kanal dengan bandwith yang sama dapat menampung belasan siaran televisi. Sehingga, frekuensi yang tersisa dapat digunakan untuk mendukung penggunaan bandwith data internet yang semakin tinggi kebutuhannya.

Selain itu, secara teknis, siaran digital mempunyai keuntungan bagi pemirsa. Gambar yang ditampilkan lebih jernih, suara lebih baik dan teknologi yang dipakai lebih canggih. Bahkan siaran digital dapat digunakan untuk format high definition (HD) yang saat ini sudah menjadi standar baru dunia penyiaran.

Guna mendukung migrasi siaran digital, selain stasiun televisi harus menggunakan sistem multiplexing, bagi pemirsa yang masih menggunakan pesawat televisi analog perlu menambah peralatan yaitu set top box agar tetap dapat menonton siaran digital televisi.

Guna terjaminnya informasi merata di semua kalangan sosial ekonomi, pemerintah melalui Kominfo membagikan set top box (STB)  bagi masyarakat kurang mampu. Selain Kominfo, lembaga penyiaran televisi juga turut serta ambil bagian dalam program pembagian set top box. Sebagai mitra Kominfo dan lembaga penyiaran, KPID kalimantan Barat juga ikut mensosialisasikan migrasi analog ke digital. Hal ini menjadi bagian dari dukungan KPID terhadap pengaturan infrastruktur penyiaran nasional dan daerah.

KPID Kalimantan Barat, diwakili oleh ketua M.Y.I Deddy Malik ikut serta memberikan STB gratis secara simbolik kepada masyarakat pada kamis, 8 sept 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kompas TV Pontianak dalam rangka mensukseskan program Analog Switch Off (ASO). Pada kegiatan ini pembagian STB gratis dilakukan di Gg. Mendawai 4, Kampung Caping, Pontianak. Sebagai dukungan Kompas TV untuk mewujudkan siaran Digital bagi televisi di Kalimantan Barat, program serupa rencananya akan diadakan juga di wilayah Kubu Raya dan Mempawah.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat terus menikmati siaran televisi dengan lebih baik. Sehingga fungsi penyebaran informasi dapat dilakukan lebih optimal. (pc)

0 Comments:

Post a Comment