KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Thursday 15 September 2022

Sonora FM mengoptimalkan Internet Dalam Bisnis Radio

Pertanyaan apakah saat ini radio masih ada? Atau masih efektifkah beriklan di radio? Menjadi pertanyaan yang sering ditemui awak radio ketika bersinggungan dengan masyarakat. Untuk menjawabnya perlu kreatif meyakinkan masyarakat, terutama pemasang iklan agar mau mempromosikan produknya di radio. Dengan merambah dunia internet, Sonora FM melakukan berbagai terobosan aar mendapatkan kepercayaan pendengar dan masyarakat. 

Station Manager Sonora FM Pontianak Deisy Torondek mengungkapkan, salah satu upaya Sonora adalah mengoptimalkan media internet melalui siaran streaming, kanal youtube dan berbagai sosial media. Link streaming Sonora tercatat mampu mencapai 27% disusul facebook dan media sosial lainnya. Data-data pendengar dan pengunjung portal sonora.id menjadi salah satu amunisi agar pebisnis di Kalimantan Barat mau beriklan di radio

Hal tersebut disampaikan Deisy pada kesempatan kunjungan kerja Komisioner KPID di kantor stasiun radio Sonora FM, Rabu 14 september 2022. Sebagai radio swasta di Kalimantan Barat, siaran Sonora FM saat ini mampu menjangkau 250 km melalui frekuensi 96,7 Mhz. Melalui network di 21 kota dengan 33 jaringan Sonora FM memiliki program siaran yang berfokus kepada kalangan muda. Bahkan program bagi anak muda termasuk bidang pendidikan mendominasi 49% program Sonora. Sonora FM masih tercatat memiliki program andalan yang historis sejak berdirinya yaitu AMKM. Program request lagu ini masih mampu menjadi favorit pendengar sonora.

Pada kesempatan ini, Deisy juga menyampaikan keinginan agar media radio mampu terus mengudara, walaupun radio terasa seperti menjadi anak tiri dibanding media televisi. Sampai sering dipertanyakan masyarakat yang berpikir tidak ada lagi radio di jaman sekarang. Menjawab hal tersebut Ktua KPID kalbar, M.Y.I Deddy Malik akan melakukan pendataan ulang terhadap media radio di Kalimantan Barat. Meskipun dengan perubahan peraturan dalam hal perizinan menyebabkan tidak update nya data radio di KPID Kalbar. 

Ditegaskan pula berbagai program kerja KPID yang bersinergi dengan berbagai lembaga, khususnya lembaga penyiaran. Diharapkan berbagai persoalan penyiaran di Kalimanan Barat dapat diketahui dan mencari solusi bersama melalui kerjasama.

Link streaming Talkshow Sonora.FM

Kunjungan kerja kali juga ini diisi dengan Talkshow di studio Sonora FM. Dengan tema"KPID Mengawal Penyiaran Kalimantan Barat yang sehat. Hadir sebagai narasumber Korbid Kelembagaan, Meriana, Spd. Korbid Pengawasan isi siaran, Teresa Rante M, SH. Dan korbid bidang P2SP, A. Panca Esti W. S,sn. 

Pada Talkshow disampaikan program kerja tiga bidang KPID kalbar. Sebagai lembaga yang memiliki tugas pengawasan siaran KPID berharap keterlibatan masyarakat untuk melaporkan jika ada ditemukan siaran yang meresahkan, berbau kekerasan atau pornografi. Guna menjamin isi siaran radio dan televisi tidak melanggar P3SPS sebagai pedoman perilaku penyiaran. Pengelola lembaga penyiaran juga diharapkan mampu memahami dan menerapkan aturan P3SPS dalam membuat program siaran.

Studio radio Sonora FM
Talkshow yang dipandu oleh William Van Hearen ini turut menekankan masyarakat sebagai pemirsa agar bijak memilih program siaran. Karena sejatinya pemirsa menjadi filter utama di keluarga khususnya anak-anak untuk menjaring informasi yang tepat dan sehat. (pc)

0 Comments:

Post a Comment