KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Tuesday 20 September 2022

Tantangan 77 Tahun Radio Mengudara

     


Ketua KPID Kalimantan Barat M.Y.I Deddy Malik senin 19 september 2022 menjadi narasumber pada Talkshow Presisi: Prestasi dan Edukasi yang disiarkan oleh  Radio Persada. Talkshow mengambil tema Hari Radio Nasional, Radio Bangkit, Radio Berdaya. 

   Selain KPID Kalbar, hadir pula Ketua KPI Pusat Agung Suprio, Ketua KPID Jawa Barat Adiyana Slamet dan dipandu oleh Irwan Firman.

   Dalam kesempatan memberikan paparannya Deddy Malik menyampaikan progran kerja KPID Kalbar dalam melakukan tugasnya. literasi kepada masyarakat yang merupakan satu program 100 hari kerja, ada sosialisasi, dialog, diskusi publik, KPID Awards, dan riset indeks. 

   Dalam pesannya Deddy menyampaikan di usia Radio sudah 77 Tahun Mengudara masih menjadi Sarana Vital untuk Membangun Bangsa, awak radio terus Berkreatifvitas dalam membuat Program Siaran yang Sehat dan Berkualitas serta Inovatif bagi pendengar, serta selalu menjadi salah satu  sumber validitas Informasi.

    Pada masanya dahulu Radio pernah berada dititik jaya. Di saat sekarang banyak media baru perlu membangun semangat dengan:

1. Tetap Optimis dan Berpikir Positif, bahwa mengganggap serta bisa mengubah : Tantangan Menjadi Potensi serta kekuatan untuk lebih berkreativitas – On The Spot dll
2. Tetap Kreatif dlm mengemas Program siaran serta inovatif dalam membuat konten – contoh konten Lokal – Potensi kearifan Lokal
3. Memberikan Literasi dengan Kemasan yang menarik dan Update sehingga Masyarakat selalu berpikir dan menjadikan radio sbg salah satu sumber informasi valid yang peting, berkualitas dan sangat menarik utk pendengan simak
4. Menjadi sumber utama dalam pencarian informasi penting bagi masyarakat dlm semua aspek.

Terkait peran generasi muda atau yang berjiwa muda perlu melakukan pembaharuan konsep, riset, dan konten di radio, Deddy Malik masih memandang radio memiliki peran penting, karena Generasi Muda pada dasarnya merupakan salah satu asset pendengar terbesar dari radio. Di masa sekarang, dapat melakukan pembaruan dlm konsep, riset dan konten dg style kekinian yang milenial, masih banyak tema menarik yg bisa dan menantang utk dikembangkan, misalnya peran generasi muda melalui program siaran di radio yg sifatnya memotivasi seperti iptech character building/membentuk karakter melalui Komunitas pendengar. Pendidikan dalam meningkatkan SDM dan dikemas dalam program serta kompetensi yang dilakukan secara tematik dlm program siaran.

 

Di Kalimantan Barat, konten siaran unggulan yang bertahan bersifat tematik, misalnya di Informasi,  Hiburan dan Religi, dengan ciri Khasnya, Informasi Progres Pembangunan Daerah, Budaya dan konten Lokal Kalbar, tambah Deddy.


Radio musti Optimis dan Berpikir positi, Mengubah Tantangan menjadi Kekuatan dan Peluang/Potensi. Dan perlu adanya komunitas pendengar radio berdasarkan Program Siaran yg Tematik, sehingga semua program unggulan memiliki komunitas  pendengar secara khusus, Unik, menarik dan berdaya guna dan bermanfaat. Dapat pula menggunakan gaya milenial yang asyik untuk khususnya generasi Muda. (pc)

0 Comments:

Post a Comment