KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Monday 5 September 2022

PROGRAM KERJA KPID KALBAR YANG LEBIH PROGRESIF


Link video Live Talkshow 

-Sabtu, 03 september 2022, Kharisma FM Radio (91,6 FM  Program Live Talkshow dengan narasumber M.Y.I. Deddy Malik, ST (Ketua KPID Prov Kalbar) bersama Muhammad Aulia Assyahiddin (Ketua KPID Prov Jateng). Adapun tema  yang diangkat adalah : Program Prioritas KPID Kalbar untuk Radio dan TV Lebih Progresif”.

Dalam live streaming tersebut, Deddy Malik selaku Ketua KPID Prov Kalbar memaparkan secara singkat Program Percepatan 100 hari Kerja KPID Kalbar terkait untuk Radio dan TV yang lebih Progresif. Beberapa poin utama yang Deddy sampaikan dalam program prioritasnya adalah :
1.     Adanya Pertemuan dengan Lembaga penyiaran baik offline maupun online dengan tujuan : silahturahmi, pemaparan program kerja dan repon langsung dari seluruh Lembaga penyiaran yang ada di Kalbar yang mengikuti pertemuan tersebut terhadap program kerja yang disampaikan.
2.     Sinergisitas dengan stakeholder terkait. KPID merencanakan untuk memfasilitasi diadakan Gathering antara KPID,  berbagai pemangku kepentingan/stakeholder, bersama LP (Lembaga Penyiaran), dalam kegiatan tersebut akan diberikan porsi kepada LP untuk memaparkan sekaligus mempromosikan program Unggulan dan Terbaiknya sehingga hal tersebut akan memberikan gambaran sekaligus meyakinkan pemangku kepentingan untuk bersedia dan mau memasang iklan, ILM, maupun informasinya di LP yang ada di Kalbar, selain berdampak untuk menghidupkan  LP setempat, kegiatan ini juga akan menstimulan LP agar bersaing sehat dan meningkatkan kreativitas dalam menampilkan program sehingga masyarakan akan dapat memperoleh siaran yg berkualitas dengan berbagai pilihan dari LP yang ada. Dalam kegiatan Roadshownya, KPID  juga mengusung ide, agar supaya semua stakeholder/Pemangku Kepentingan terkait  bisa lebih menggunakan LP (Lembaga Penyiaran) sebagai media menyalurkan informasi dan iklannya  disertai dengan segala nilai tambah dan kelebihan nya jika menggunakan LP terkait dibandiangkan dengan menggunakan media lainnya, termasuk juga dari sisi Efisiensi Biaya dan Efektivitas penetrasi penyampaian informasinya kepada masyarakat.
3.     Adanya Kegiatan Bersama :Literasi, Talkshow, Dialog Publik yang tematik.
Dalam melaksanakan programnya, KPID Kalbar membuat agenda adanya Sosialisasi Siaran Sehat yang tematik, melalui Literasi, FGD,  Talkshow dan Dialog Publik. 
Kalbar juga memberikan ruang kepada LP (Lembaga Penyiaran) untuk mengemasnya juga dalam suatu program unggulan yang khusus, serta dengan tema tema yang berkualitasAdanya Coffe Morning Bulanan antara KPID, LP (Lembaga Penyiaran) dan Stakeholder terkaitAdanya Kerjasama secara Kelembagaan,  sebagai contoh adanya Kerjasama dengan institusi Pendidikan di Kalbar untuk membuat Inkubator Penyiaran, sehingga para mahasiswa  terkait bisa mengetahui, memahami secara riil dunia penyiaran dengan adanya inkubator penyiaran yang diadakan oleh KPID – Institusi Pendidikan – Lembaga Penyiaran dan Mahasiswa, sekaligus juga merupakan simulasi dunia kerja bidang penyiaran kepada mahasiswa. 
4.     Selain berfungsi mengawasi Program Siaran, mengevaluasi Program Siaran (Riset Indeks Kualitas Program Siaran) yang hasilnya dijadikan umpan balik bagi LP untuk Meningkatkan Kualitas Program Siarannya,  KPID Kalbar juga membuat Program kerja terkait peningkatan SDM  insan Penyiaran melalui Sekolah P3SPSyang mana sasaran dari pelaksanaannya adalah Internal KPID Kalbar sendiri, LP (Lembaga Penyiaran) dan Masyarakat, sekolah P3SPS ini merupakan sinergisitas KPID Kalbar dan KPID Pusat.
5.     Kegiatan KPID Kalbar Awards, yang dalam agenda Program kerja dicanangkan akan dilaksanakan pada triwulan III tahun 2023,  tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada insan penyiaran baik secara kelembagaan maupun secara personal, atas karya terbaiknya terlah memberikan program siaran sehat dan berkualitas bagi masyarakat Kalbar. Adapun Konsep pelaksanaan KPID Kalbar Awards yang akan diselenggarakan pada penghujung tahun 2023 adalah Konsep Outdoor, dengan rangkaian acara :
·       Adanya pameran Dunia Penyiaran dari LP yang ada di Kalbar dan juga Pemangku Kepentingan terkait, sehingga masyarakat juga bisa dating dan mengetahui perkembangan dunia penyiaran di Kalbar, LP juga berkesempatan memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat mengenai apa saja yang sudah dilakukan bagi Kalbar dan program uggulannya apa saja.
·       Dalam pelaksanaan  pameran tersebut juga akan diadakan FGD, Literasi dan Dialog Publik.
·       Adanya Perlombaan yang memicu Kreativitas dlm dunia penyiaran : Lomba Tiktok, Lomba Mewarnai, Lomba membuat Karikatur Dunia Penyiaran Kalbar, Lomba Membuat ILM yang atraktif, dan kegiatan kreatif lainnya.
·       Dan pada malam puncaknya akan di tutup dengan Penganugerahan KPID Kalbar Awards.
Dalam closing statementnya di akhir live talkshow, Deddy Malik, Mengajak seluruh LP semakin Kreatif dalam menampilkan program siaran, lebih progresif dan agresif dalam memaparkan program unggulannya yang berkualitas, semakin bersinergi dan menjalin Kerjasama dengan semua pemangku kepantingan dan yang terpenting adalah, selalu OPTIMIS, serta bisa membuat Paradigma :  MERUBAH  Hambatan & Tantangan menjadi PELUANG DAN POTENSI YANG BAIK untuk bisa menghasilkan karya/program siaran terbaik yang berkualitas(pc)

0 Comments:

Post a Comment