KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Friday 9 September 2022

Siaran TVRI Siap Jadi Primadona di Perbatasan Kalbar

Komisioner KPID beserta KepSta TVRI beserta jajaran.

Tujuh Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalimantan Barat melakukan kunjungan kerja ke stasiun TVRI Kalimantan Barat, jumat 9 sept 2022. Dalam kesempatan ini komisioner KPID diterima langsung oleh Kepala Stasiun TVRI Kalbar Syarifuddin, S.E., M.M beserta jajarannya.

Pembicaraan hangat diawali pemaparan Ketua KPID M.Y.I Deddy Malik tentang gamabaran umum program kerja KPID Kalbar. Terutama pada triwulan terakhir tahun 2022 ini. Sebagai lembaga penyiaran publik di daerah, TVRI Pontianak menjadi lembaga penyiaran yang mengemban misi penyebaran informasi sampai ke pelosok daerah kalimantan barat. Menjelang program Analog Switch Off, ASO di Indonesia, infrastruktur TVRI telah didukung oleh delapan stasiun siaran digital di berbagai daerah.

"Sudah sejak 1 januari 2022 TVRI kalimantan Barat bersiaran digital. Dari yang awalnya hanya empat jam, saat ini sudah menyentuh lima belas jam siaran setiap hari". Ungkap Syarifuddin.

Di wilayah kalbar yang merupakan perbatasan negara, siaran TVRI diharapkan dapat menjadi primadona. Sehingga informasi nasional dapat menjadi tuan rumah di daerah perbatasan. Hal ini didukung jangkauan siaran TVRI yang sudah diterima dengan baik di perbatasan melalui pemancar di wilayah sanggau ledo, Tambah Syarifuddin.

Ditambah lagi di tahun politik, TVRI punya misi dan tanggungjawab menjadi televisi publik terdepan dalam menyampaikan informasi kepemiluan. Tentunya tetap mengacu pada prinsip keberimbangan dan netralitas sebagai media publik, tutur Komisioner KPID, Misrawi.

Dalam kesempatan ini komisioner bidang PS2P, A. Panca esti menyatakan apresiasi kepada TVRI Kalbar yang pada era digital ini mampu mengembangkan diri. Dengan kekuatan yang dimiliki saat ini TVRI menjadi televisi yang menggunakan sistem siaran digital terluas di kalbar. Dan dengan penambahan jam siaran yang semakin banyak, dituntut kreativitas sumber daya luar biasa agar isi siaran juga semakin baik.

Diskusi bersama jajaran TVRI
Secara teknis, pemancar digital TVRI kalbar di Kota Pontianak saat ini mencapai 3,2 Kilo watt. Sehingga mampu menjangkau seluruh kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan sebagian Kabupaten Mempawah. Untuk Kabupaten Mempawah saat ini masih ditemui beberapa blankspot. Harapannya dengan keterlibatan pemerintah daerah setempat dan kominfo mampu mengatasi blankspot yang ada.

Sebagai penutup KPID berharap ke depan TVRI mampu bersinergi dengan KPID dan lembaga penyiaran lain saling bekerjasama sehingga mampu mensosialisasikan serta mewujudkan siaran yang sehat di Kalimantan Barat. (pc)

Terkait: Program Kerja KPID Kalimantan Barat.


0 Comments:

Post a Comment