KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Thursday 22 September 2022

Kompas TV Pontianak Perluas Jaringan Melalui Internet


Komisioner KPID Kalimantan Barat mengunjungi lembaga penyiaran televisi, Kompas TV. Kunjungan disambut oleh Kepala Biro Kompas TV Pontianak, Dwi Nardi. Pada awal perbincangan Dwi memaparkan sejarah Kompas TV yang hadir sebagai stasiun televisi swasta di kota Pontianak. Kompas TV Pontianak semula bernama Khatulistiwa TV,berdiri pada bulan agustus 2005, Pada tanggal 1 februari 2014, Khatulistiwa TV berganti nama menjadi Kompas TV Pontianak.

Dalam perjalanannya di media televisi pada maret 2016, Kompas TV meneguhkan diri sebagai televisi yang berfokus pada pemberitaan. Selain buletin berita, Kompas TV mengemas program berita melalui berbagai program talkshow, jelas Dwi Nardi.

Saat ini, Kompas TV Pontianak dimiliki oleh Kompas Gramedia Media (KG Media). Di kota Pontianak Jangkauan siaran meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Memawah, dan Kabupaten Landak. Bersiaran di Channel 39 UHF dan siaran Digital di 48 UHF. Pada tahun 2022 Kompas TV telah memiliki 31 Kantor Biro tersebar dari Aceh sampai Merauke. Stasiun televisi di Pontianak ini merupakan salah satu dari jaringan Kompas TV. Siaran Lokal di Pontianak dimulai pada pukul 04.30 samapai dengan pukul 07.00, dengan total waktu dua setengah jam. Ditambah Kompas TV melakukan reportase pada program buletin berita yang disiarkan nasional dari Jakarta.

Sebagai televisi yang bersiaran di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya, Kompas TV memiliki keterbatasan jangkauan siar relatif terbatas. Mengatasi hal itu Dwi Nardi menjelaskan Kompas TV Pontianak mengoptimalkan tayangan melalui media sosial, youtube dan lainnya. Saat ini tayangan konten yang disukai di kanal youtube Kompas TV Pontianak didominasi oleh konten lokal. Beberapa Program yang ditayangkan oleh Kompas TV Saat ini meliputi:

  • Kompas Kalbar
  • Sapa Pontianak
  • Bincang Khatulistiwa
  • Khatulistiwa Sepekan
  • Screenplay
  • 1001
  • Mutiara Hati

Dalam kesempatan wawancara dengan jurnalis Kompas TV, Ketua KPID Kalbar, M.Y.I Deddy Malik menekankan perlunya lembaga penyiaran di daerah meningkatkan konten lokal. Serta sinergisitas lembaga penyiaran bersama KPID dan Pemprov dalam mendukung program pembangunan di daerah Kalimantan Barat. Deddy juga menyinggung pentingnya Perda penyiaran seperti yang telah diterapkan oleh provinsi DI.Yogyakarta. Dengan adanya perda diharapkan awak media semakin terlindungi. Serta membuat produksi isi siaran semakin beragam di daerah, sehingga membuka peluang ekonomi dan pendapatan daerah bidang penyiaran.

Kanal Youtube Kompas TV Pontianak

Pada diskusi KPID Kalbar Berharap langkah Kompas TV yang memiliki biro di daerah dapat diterapkan juga pada stasiun televisi berjaringan yang ada di Kalimantan Barat. Sehingga penyebaran informasi dan konten daerah menjadi diketahui masyarakat luas. Tidak hanya itu, dengan semakin baiknya penyiaran daerah akan menunjang pengembangan sumber daya manusia bidang penyiaran dapat bersaing di luar daerah.(ca)

Terkait: peraturan daerah Tentang Penyiaran D.I.Yogyakarta.

0 Comments:

Post a Comment